Business-to-consumer (B2C) adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.
B2C dalam bidang travel dan toursm membantu membuat organizer dengan membuat paket tour.
Model bisnis dari Business to Consumer (B2C) terjadi pada pelelangan, perusahaan penjual jasa dan perusahaan retail online, seperti yahoo!Group dan WSJ.com
B2C dapat membantu pengusaha kecil dan menengah karena :-menyingkirkan perantara-penghematan biaya dan memberi kemudahan.-Secara teoritis, keuntungan akan lebih mudah diraih melalui model B2C ini, karenabiaya tidak tumbuh secara proporsional dengan pertumbuhan bisnis, dalam arti pertumbuhan bisnis niscaya akan lebih pesat daripada biaya yang harus dikeluarkan .-Kebutuhan akan modal kerja yang lebih rendah dibandingkan dengan kasus bisnis konvensional sehingga harga pun dapat ditekan menjadi lebih murah.
Keuntungan dari konsep B2C adalah:
- Penawaran harga dapat berubah sewaktu-waktu(up to date)
- Berbelanja dapat lebih cepat dan mudah
- Layanan Call Center tecantum dalam web site.
Seperti Kisah nyata dari Bapak H. Suborjo Hartono, SE yang memiliki Kasongan Ceramics di Jogjakarta yang memulai usahanya dengan tradisional yang hanya memiliki 2 karyawan yang kini memiliki 50 karyawan tetap. Dahulu pengerjaan pembukuan, pemasaran, sampai desain dilakukan secara manual. Lalu setelah konsultasi dengan temannya akhirnya bisnisnya di kembangkan melalui jaringan computer dan internet. Pemasaran produk menjadi luas sampai mancanegara, pembukuan lebih mudah, pembayaran gaji tercatat secara detail. Kini usahanya menjadi maju pesat.
sumber : http://ebisnis.blogdetik.com/page/2/
Senin, 14 April 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar