Senin, 14 April 2008

Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia

PerbesarBuku Strategi Periklanan Sukses pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia memberi gambaran bagaimana perusahaan top dunia meraih sukses dalam beriklan di Internet dengan E-Commerce-nya. Dell Computer, misalnya, meraih sukses lewat perjalanan berliku.Mulai dari kegagalan menjual komputer dengan ,nail order yang mendapat saingan ketat dari Compaq yang menyebabkan kerugian 65000 dolar dalam enam bulan, menyebabkannya hampir bangkrut. Akhirnya Dell Computer menggunakan senjata e-Commerce mampu membalik keadaan dan empat tahun kemudian Dell Computer menjadi penjual PC terbesar di dunia. Buku ini membahas perusaahaan-perusahaan top dunia yang sukses, pengertian e-Commerce dan e-Business, manfaat e-Commerce, keterbatasan e-Commerce dan aplikasi e-Commerce yang sukses pada perusahaan top dunia. e-Cmmerce dipakai oleh perusahaan-perusahaan top dunia karena adanya tekanan pasar, tekanan teknologi, dan tekanan sosial. e-Commerce mendorong perusahaan untuk melakukan rekayasa ulang dalam proses bisnisnya. Selain itu e-Commerce juga mengubah teori dan praktek pemasaran yang kemudian berujung pada inovasi produk dan manajemen rantai-suplai yang menjadikan perusahaan yang memakai e-Commerce unggul dalam persaingan. Hal-hal di atas dibahas di dalam Bab I. Pada Bab II dibahas alasan yang rasional perusahaan-perusahaan top dunia menggunakan periklanan pada E-Commerce. Bab ini juga memuat strategi yang dilakukan perusahaan top dunia dalam melakukan segmentasi pasar di internet dengan sukses, meliputi segmentasi pasar konsumen, segmentasi komunitas internet dan segmentasi pasar industri. Perusahaan itu kemudian juga melakukan pembidikan pasar, penempatan pososi produk yang disesuaikan dengan bauran pemasaran. serta menetapkan tujuan dan anggaran periklanan. Pada Bab III memuat strategi merancang pesan iklan. Perusahaan-perusahaan top dunia mengembangkan strategi kreatif untuk meraih keberhasilan, meliputi strategi generic, strategi preemptive, strategi brand image, strategi unique selling proposition, strategi inherent drama dan strategi positioning. Untuk menarik pesan ikian mereka menggunakan daya tarik selebritis, humor, rasa takut, kesalahan, musik, komparatif dan daya tarik seks. Dalam mengimplementasikan pesan ikian itu mereka menggunakan berbagai macam gaya, nada, kata dan format. Gaya yang digunakan antara lain menjual langsung, potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, suasana, musik, symbol kepribadian, keahlian teknis, bukti ilmiah, bukti kesaksian, demonstrasi, perbandingan, animasi, dramatisasi dan kombinasi. Nada yang digunakan terdiri dari nada rasional, nada emosional dan nada humor. Kata yang digunakan harus mudah diingat dan menarik perhatian dan juga menggunakan format yang mempertimbangkan ukuran, warna dan ilustrasi. Bab IV menyajikan bahasan tentang perusahaan top dunia dalam memilih media yang tepat dalam beriklan pada E-Commerce. Bab ini memuat berbagai jenis media, antara lain banner, skyscraper, interstesial, spot leasing, persegi panjang besar, universal resource locator, chat room, e-mail. Strategi merancang Man yang sukses dan implementasinya juga dibahas pada bab ini. Push technology dan Intelligent Agent yang mendukung suksesnya periklanan pada e-Commerce dibahas pada bab ini. Pada Bab V memuat evaluasi efektivitas periklanan yang dilakukan perusahaan-perusahaan top dunia, yang terdiri dari evaluasi efektivitas Man di internet dan evaluasi efektivitas periklanan model konsumen. Bab ini juga mengevaluasi Web Traffic dan evaluasi pesan Man dari sudut budaya dan bahasa serta evaluasi pemain utama periklanan pada e-Commerce. Buku ini diharapkan dapat digunakan oleh para manajer, kalangan eksekutif, praktisi bisnis, praktisi pemasaran., praktisi periklanan, praktisi internet, webmaster, mahasiswa manajemen informatika, mahasiswa teknik informatika, mahasiswa ekonomi, mahasiswa komunikasi (periklanan, broadcasting, radio), para akademisi, pemakai komputer, mahasiswa, atau orang yang berminat dalam bidang periklanan dan e-Commerce.
sumber : http://www.msuyanto.com/buku.php?itemid=15

Tidak ada komentar: